ASPEK-ASPEK KEMU’JIZATAN AL-QUR’AN


KATA PENGANTAR
  
     Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, berkat Rahmat dan Karunia-Nya kami dapat menyelesaikan Tugas ini.
     Sesuai dengan tugas yang diberikan Guru Pembimbing kami, kami mencoba untuk membuat Tugas ini yang membahas tentang Aspek-aspek kamu’jizatan Al-qur’an. Tugas ini diharapkan dapat membantu teman-teman guna manambah ilmu pengetahuan.
     Kami mengharapkan, semoga Tugas ini benar-benar bermanfaat bagi teman-teman semua. Dan apabila dalam penulisan Tugas ini banyak kekurangan-kekurangan, kiranya teman-teman dapat memberi kritik dan sarannya demi perbaikan Tugas ini, kami akan terima dengan senang hati kritik dan sarannya.
Terima kasih.

                                                                             Palembang, 20 Oktober 2014
                                                                                      Penulis



KESIMPULAN MATERI

ASPEK-ASPEK KEMU’JIZATAN AL-QUR’AN
1.     Al-quran adalah benar-benar wahyu Allah yang diturun kepada Nabinya Muhammad Saw, bukan karangan Nabi Muhammad apalagi syair-syair dari penyair-penyair mereka, dan bukan pula ucapan-ucapan tukang-tukang tenung.  
2.    Mu’jizat adalah keistimewaan yang berikan Allah Swt kepada Nabi dan Rosul-Nya berupa sesuatu yang luar biasa, yang berfungsi sebagai bukti kebenaran risalah-Nya, bahwa mereka dalah benar-benar utusan-Nya, bertujuan untuk melemahkan dan mengalahkan musuh yang menentangnya, dan tidak ada seorangpun yang menandinginya.
3.    Aspek-aspek kemu’jizatan a-Qur’an ada 6, yaitu :
1)            Gaya Bahasa
2)           Susunan kalimat/Uslub
3)           Simpel
4)           Berita tentang hal-hal ghaib
5)           Sejarah dengan ilmu pengetahuan modern
6)           Tepat janji
4.    Al-Qur’an sebagai mu’jizat terbesar bagi Nabi Muhammad SAW. Menjadi bukti kerosulan beliau terbukti tidak ada seorangpun yang dapat membuat semisalnya.
5.    Aspek kemu’jizatan Al-Qu’an terletak pada 2 hal pokok, yaitu: Pertama, Aspek gaya bahasa dan uslubnya yang sangat indah dan menakjubkan, sangat berbeda dengan gaya bahasa dan uslub bahasa arab, dan kedua, apek isi kandugannya yang tidak mungkin dibuat oleh manusia, diantaranya : berita tentang hal-hal ghaib baik berkenaan denggan peristiwa yang lampau maupun yang akan terjadi baik di Dunia maupun di Akhirat, I’jazul Ilmi pengetahuan modern, dan penetapan hukum yang berlaku universal, bukan saja untuk umat Islam tetapi juga seluruh umat manusia.
6.    Kemurnian dan keontetikan Al-Qur’an dijamin oleh Allah Swt. Dan Senantiasa terjaga sejak zaman nabi SAW masih hidup hingga hari kiamat kelak.


SOAL DAN JAWABAN
MATERI ASPEK-ASPEK KEMU’JIZATAN AL-QUR’AN

1.     Sebutkan beberapa keistimewaan susunan kalimat/uslub ?
Jawaban :
Uslub Al-Qur’an yang menakjubkan dan berbeda dengan uslub / susunan ucapan manusia itu mempunyai beberapa keistimewaan sebagai berikut :
1)    Susunan suara kata-kata yang digunakan Al-Qur’an terasa lembut dan indah diucapkan.
2)   Bahasa Al-qur’an dapat diterima oleh semua lapisan manusia baik orang awam maupun kaum cendekiawan.
3)   Sejalan dengan akal sehat dan dapat menyentuh perasaan, artinya Al-Qur’an mampu memberikan doktrin kkepada akal dan hati saubari.
4)   Secara utuh keindahan sajian Al-Qur’an serta susunan keindahan bahasanya tak ubahnya suatu bingkai yang dapat memukau akal dan mumusatkan tanggapan serta perhatiannya tentu bagi orang yang memperhatikannya.

2.    Sebutkan keseimbangan kata-kata yang digunakan secara simetris minsalnya ?
Jawaban :
Dalam al-Qur’an terlihat pula keseimbangan kata-kata yang digunakan secara simetris, misalnya :
1)    Kata  اَلْحَيَاةُ berjumlah 145 kali, sama dengan kata  اَلْمَوْتُ  yang berjumalah 145 kali.
2)   Kata  الدُّنْيَا  berjumlah 115 kali, sama dengan kata اَلأَخِرَةُ  yang berjumalah 115 kali.
3)   Kata الْمَلاَئِكَةُ berjumlah 88 kali, sama dengan kata  شَيْطَانٌ   yang berjumalah 88 kali.
4)   Kata  نَصَائِبُ berjumlah 75 kali, sama dengan kata شُكُوْرٌ yang berjumalah 75 kali.
5)   Kata  زَكَاةٌ   berjumlah 32 kali, sama dengan kata  بَرَكَةٌ  yang berjumalah 32 kali.

3.    Sebutkan arti dari Surat Q.S Al-Isro Ayat : 88 ?
Jawaban :
Artinya :
Katakanlah: "Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Al Qur'an ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain".

4.    Sebutkan arti dari Surah Q.S Yunus Ayat 38 dan Surah Q.S Al-Baqarah Ayat 23 ?
Jawaban :
Surah Q.S Yunus Ayat 38,  Artinya :
Atau (patutkah) mereka mengatakan "Muhammad membuat-buatnya". Katakanlah: "(Kalau benar yang kamu katakan itu), maka cobalah datangkan sebuah surat seumpamanya dan panggillah siapa-siapa yang dapat kamu panggil (untuk membuatnya) selain Allah, jika kamu orang yang benar".( Yunus : 38)
Surah Q.S Al-Baqarah Ayat 23,  Artinya :
Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al quran yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al quran itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang memang benar” (Al-Baqarah : 23)

5.    Apa pengertian dari simpel ?
Jawaban :
Disamping menggunakan susunan bahasa yang indah Al-Quran sering juga menggunakan pola ungkapanyang simpel sehingga mudah dicerna oleh semua orang.

6.    Sebutkan Aspek-aspek kemu’jizatan Al-Qur’an ?
Jawaban :
1)    Gaya Bahasa
2)   Susunan kalimat/Uslub
3)   Simpel
4)   Berita tentang hal-hal ghaib
5)   Sejarah dengan ilmu pengetahuan modern
6)   Tepat janji

7.    Sebutkan surah Q.S. Al-Rum : 1-5 ?
Jawaban :
الم (١) غُلِبَتِ الرُّومُ (٢) فِي أَدْنَى الأرْضِ وَهُمْ مِنْ بَعْدِ غَلَبِهِمْ سَيَغْلِبُونَ (٣) فِي بِضْعِ سِنِينَ لِلَّهِ الأمْرُ مِنْ قَبْلُ وَمِنْ بَعْدُ وَيَوْمَئِذٍ يَفْرَحُ الْمُؤْمِنُونَ (٤) بِنَصْرِ اللَّهِ يَنْصُرُ مَنْ يَشَاءُ وَهُوَ الْعَزِيزُ الرَّحِيمُ   (٥)

8.    Sebutkan Surat dan jelaskan artinya Surat Q.S Fushshilat : 53 ?
Jawaban :
سَنُرِيهِمْ آيَاتِنَا فِي الْآفَاقِ وَفِي أَنْفُسِهِمْ حَتَّىٰ يَتَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُ الْحَقُّ ۗأَوَلَمْ يَكْفِ بِرَبِّكَ أَنَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ شَهِيد(٥٣)
Artinya :
Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al Qur'an itu adalah benar. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup (bagi kamu) bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu?” (Fushshilat : 53)

9.    Setiap katanya terulang 19 kali dalam surah-surah Al-Qur’an atau berapa kali kelipatan angka 19 dengan penjelasannya yaitu ?
Jawaban :
a)    Kata اِسْم  berulang 19 kali di dalam al-Qur’an
b) Kata اللهِ berulang 2698 kali, itu berarti = 19X142
c)  Kata الرَّحْمَنِ berulang 57 kali, itu berarti =  19X3
d) Kata الرَّحِيْمِ berulang 144 kali, itu berarti = 19X6

10. Sebutkan dan jelaskan arti dari surah Al-fath : 1-3 ?
Jawaban :
إِنَّا فَتَحْنَا لَكَ فَتْحًا مُبِينًا (١) لِيَغْفِرَ لَكَ اللَّهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ وَيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكَ وَيَهْدِيَكَ صِرَاطًا مُسْتَقِيمًا (٢)وَيَنْصُرَكَ اللَّهُ نَصْرًا عَزِيزًا (٣)
Artinya :
1)      Sungguh, Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata,
2)      Agar Allah memberikan ampunan kepadamu (Muhammad) atas dosamu yang lalu dan yang akan datang serta menyempurnakan nikmat-Nya atasmu dan menunjukimu ke jalan yang lurus,
3)      dan agar Allah menolongmu dengan pertolongan yang kuat (banyak). (Al-Fath : 1:3)
11.  Ilmuan itu sebenarnya hanya menegaskan apa yang telah tertulis di dalam Al-quran beberapa tahun yang lalu. Ha itu diungkapkan oleh seorang ilmuwan kelautan dari jerman yang bernama ?
Jawaban :
Prof. Shroeder

12. Sebutkan macam-macam surat yang terpendek dari al-Qur’an yaitu ?
Jawaban :
1)      Surat Al Maun
2)      Surat Al Asri
3)      Surat Al Falaq
4)      Surat Al Quraisy
5)      Surat Al Fil
6)      Surat Al Lahab
7)      Surat An Nas
8)      Surat At Takatsur
9)      Surat Al Zalzalah
10)   Surat An Nasr
11)   Surat Al Kautsarsurat
12)   AL IKHLASSURAT
13)   AL KAFIRUNSURAT
14)   AL QODAR

13. Sebutkan arti dari Surat Hud ayat 13-14 ?
Jawaban :

Artinya :
13. Bahkan mereka mengatakan, "Dia (Muhammad) telah membuat-buat Al Quran itu." Katakanlah, "(Kalau demikian), datangkanlah sepuluh surat semisal dengannya (Al Qur’an)  yang dibuat-buat, dan ajaklah siapa saja di antara kamu yang sanggup selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar.”
14. Jika mereka tidak menerima seruanmu (ajakanu), maka “Ketahuilah, bahwa sesungguhnya Al Qur’an itu diturunkan dengan ilmu Allah, dan bahwasanya tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Dia, maka maukah kamu berserah diri (Kepada Allah)?”

14. Jelaskan berita tentang hal-hal ghaib ?
Jawaban :
Segi lai tentang kemu’jizatan Al-Qur’an adalah pemberitahuan tentang hal-hal ghaib. Hal itu sebagai bukti bahwa Al-Qur’an bukan perkataan manusia tetapi ia adalah firman Allah Zat yang Maha tahu tentang hal-hal yang ghaib. Salah satu berita ghaib itu adalah kabar tentang perang yang akan terjadi antara kerajaan romawi dan kekaisaran parsia yang akan dimenangkan oleh pihak Romawi.

15. Jelaskan pengertian tepat janji ?
Jawaban :
Segi yang lain kemu’jizatan Al-Quran adalah akurasi dan ketepatan segala hal yang dijanjikan Allah Swt dalam Al-Qur’an, tidak meleset sedikitpun, seperti janji Allah untuk menolong Nabi Muhammad SAW dengan mengeluarkan orang-orang Quraisy yang pernah mengusir Rasul berserta para sahabatnya dari bumi Mekah, kemudian Allah menolong orang-orang mukmin untuk bisa mengalahkan orang-orang kafir.

16. Nabi Muhammad SAW Menjelaskan tentang apa kepada bangsa Arab ?
Jawaban :
Nabi Muhammad SAW Menjelaskan kepada bangsa Arab untuk membuat semisal Al-Qur’anul Al-karim di mana bangsa arab pada saat itu teah mencapai puncak kemajuan kesusastraan.

17. Sebutkan percakapan Abu Janal, dan walid ?
Jawaban :
Abu Jahal : “ Wahai Walid, sesungguhnya kaummu hendak mengumpulkan harta yang banyak untuk dihadiahkan kepadamu, sementara kamu justru datang kepada muhammad untuk mendapatkan anugerahnya”
Walid    : Orang-orang quraisy telah tahu betul bahwa saya seorang    yang kaya termasuk orang yang paling banyak mempunyai harta.
Abu jahal : ku harap engkau dapat mengatakan salah satu ucapan yang akan kau sampaikan kepada kaummu bahwa engkau menentang dan memungkiri Muhammad.
Walid     : Engkau jangan menekan saya dan mengatakan sesuatu yang tidak benar ? Demi Allah, saya adalah seorang di antara kamu yang paling pandai tentang syair, tentang prosa, tentang Qasidah, juga tentang syair-syair jin. Demi Allah syair ini sedikitpun tidak menyamai Al-Quran ini. Dan Demi Allah ucapannya itu manis dan indah. Yang di atasnya berbuah dan yang di bawah subur. Sesunggunya Al-Quran itu  tinggi tidak ada yang melebihinya.
Abu Jahal : Demi Allah saya yakin kaummu tidak akan mau dan rela dengan   engkau karena megucapkan hal itu.
18. Sebutkan Arti Surat dari Q.S Al Rum 1:5 ?
Jawaban :
Artinya :
1. Alif laam Miim.
2. Telah dikalahkan Bangsa Romawi,
3. di negeri yang terdekat dan mereka setelah kekalahannya itu akan menang,
4. dalam beberapa tahun lagi. Bagi Allah-lah urusan sebelum dan setelah (mereka menang). Dan pada hari (kemenangan bangsa Romawi) itu bergembiralah orang-orang yang beriman,
5. karena pertolongan Allah. Dia menolong siapa yang Dia kehendaki. Dia Mahaperkasa lagi Maha Penyayang. (Al Rum 1:5)

19.  Sebutkan perbedaan mu’jizat Nabi Muhammad Saw dengan Nabi-nabi lainnya ?
Jawaban :
Karena mu’jizat yang Nabi Muhammad adalah bersifat rasional yang kekal disepanjang masa. Allah memberikan keistimewaan kepadanya berupa Al-Quran sebagai mu’jizat rasional yang kekal sepanjang zaman agar dapat diperhatikan orang-orang yang mempunyai hati dan pemikiran sehinggal mereka bisa terkena pantulan sinarnya dan mempergunakan petunjuknya disaat kini dan nanti.

20.Sebutkan 2 mu’jizat yang diberikan kepada Nabi Saw. ?
Jawaban :
1)    Mu’jizat Hissy.
2)   Mu’jizat Ma’nawy

21. Apa nama Mu’jizat yang paling besar dan kekal ?
Jawaban :
Al-Qur’an yaitu mu’jizat Ma’nawy


PENUTUP
1.     Mu’jizat adalah keistimewaan yang berikan Allah Swt kepada Nabi dan Rosul-Nya berupa sesuatu yang luar biasa, yang berfungsi sebagai bukti kebenaran risalah-Nya, bahwa mereka dalah benar-benar utusan-Nya, bertujuan untuk melemahkan dan mengalahkan musuh yang menentangnya, dan tidak ada seorangpun yang menandinginya.
2.   Allah memberikan keistimewaan kepadanya berupa Al-Quran sebagai mu’jizat rasional yang kekal sepanjang zaman agar dapat diperhatikan orang-orang yang mempunyai hati dan pemikiran sehinggal mereka bisa terkena pantulan sinarnya dan mempergunakan petunjuknya disaat kini dan nanti.


TUGAS KELOMPOK AL-QURAN HADITS
“ ASPEK-ASPEK KEMU’JIZATAN AL-QUR’AN “
D
I
S
U
S
U
N
OLEH KELAS X PIS 4
KELOMPOK :
KETUA                     : FAUZIAH
ANGGOTA              : PUTRI A.R.D
                                   ARNY
                                                     ARIAN INSANI
                                                              MUZMAR ABRONI
                                                                 EVNY SYAVIRA R.P



MADRASAH ALIYAH NEGERI
SAKATIGA
TAHUN AJARAN 2014/2015

Komentar